[IItS][DIET ‘semi’ MAYO] H-1

Apa sih diet mayo?

Udah banyak yaa penjelasannya, kayaknya aku ga perlu ngejelasin lagi deh, coba aja googling dengan keyword “diet mayo”, pasti langsung bermunculan penjelasan, pantangan serta menu lengkap diet mayo ini.

Juklak-nya seperti ini:

diet-mayo

daftar menu diet mayo ga pake kentang

mayodiet malam puasa

Setelah ditilik-tilik, juklak diet mayo ini pun ternyata beragam, untuk kopi/teh di pagi hari ada yang pakai gula diet, ada yang pakai gula biasa. Ada yang di menu maksinya menggunakan kentang, ada yang tidak. Ada yang melakukan puasa makan malam, ada yang tidak. Aku ngegunain juklak yang di menunya pakai gula biasa, ada kentang dan tidak ada puasa.

Apa-apa aja yang dipersiapkan sebelum ngelakuin diet mayo ini?

Persiapan lahir batin yang pasti. Aku butuh 2-3 minggu maju mundur mutusinnya.

Aku banyak-banyak liat variasi dari menu diet mayo dan cerita-cerita dari blog orang-orang yang melakukan diet ini. Apa-apa saja kendala menjalankan diet mayo ini, apa yang membuat mereka gagal di tengah jalan dan gimana cara nanganinnya.

Ini beberapa kendalanya:

  1. Tidak sarapan di pagi hari dan makan terakhir jam 6 sore. Karena sudah terbiasa dengan OCD, untuk sarapan diet mayo ini (yang hanya kopi atau teh anget), aku nggak menemukan masalah. Justru terasa lebih mudah karena di menu diet mayo bahkan masih boleh menggunakan 1 sdm gula. Walo aku juga ga ngikutin plek, aku cuman pake ½ sdm gula palem untuk 150 ml kopi hitam nescafe classic, rasanya jadi semi-manis. Dan untuk makan terakhir jam 6 sore pun tidak masalah, karena waktu menjalankan OCD pun makan terakhirnya juga jam segitu.
  1. Berat mengunyah selada-bayam rebus yang pait/hambar dan tidak boleh minum es. Untuk kendala yang banyak ditemui orang-orang yang pernah menjalankan diet mayo ini pun, buat aku yang sudah terbiasa nge-green smoothie selama 6-7 bulan lalu, dengan mudahnya semua sayuran itu (dengan campuran perasan jeruk nipis) aku blender dan aku telan. Bedanya waktu kemaren nge-green smoothie boleh pakai es batu, kali ini tidak, namun tidak menjadi masalah, masih bisa dinikmati. Bahkan waktu aku ngejalanin green smoothie, porsi sayuran hijaunya jauh lebih banyak dari ini.
  1. Tidak boleh pakai garam. Nah, yang baru buatku di diet mayo ini adalah tidak menggunakan garam sama sekali. Hal itu belum pernah aku lakuin. Tapi justru ini yang menantang buatku. Bisa nggak selama 13 hari ini tidak mengkonsumsi garam sama sekali? Karena bahkan ketika aku bikin makanan sendiri di rumah pun, aku tetap menggunakan garam. Namun karena merasa ‘tertantang’ jadi hal ini juga bukan kendala. Toh, masih bisa berkreasi pakai bumbu-bumbu lainnya.
  1. Kalau cheating, musti ulang lagi dari hari pertama. Hahahaha, aku ini punya sifat procrastinator, orang yang suka tarsok-tarsok alias entar besok entar besok, suka nunda-nunda mencapai keberhasilan, jadi ancaman ini bagiku kayak, “kalo gagal di hari 12 ya udah ayok kita ulang lagi.” Toh aku ngerasa cocok-cocok aja tuh sama menu 13 hari ini, jadi ga ada kendala berarti, ahahahaha.

 

Satu blog yang lumayan lengkap dan kreatif dan berhasil nyeleseiin 13 hari diet mayo, yang juga aku jadiin acuan adalah: http://mommiesdaily.com/2014/04/23/turun-5-kg-dalam-13-hari-dengan-diet-mayo/1/ Mbak Ira ini menyertakan resep ayam-daging-telur sehingga rasanya tidak terlalu hambar dengan menambahkan banyak bumbu di menunya. Aku juga amati-tiru-modifikasi katering-katering yang menyediakan menu diet mayo ini.

————————————————————————–

Setelah mempelajari semua kendala dan bagaimana cara ngatasinnya,  terus menu untuk satu minggu ke depan udah ditulis rapih, ayam-daging udah disiapin per porsi (tinggal diangetin kalo saatnya makan), nanti tinggal yang mudah-mudah aja kayak ngerebus kentang, motong tomat, dll pokoknya ga butuh waktu lama lah, baju dan sepatu olahraga juga udah disiapin… Jadiii…

Bismillaaah, mari kita mulei diet mayooo 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s